BERITA TERBARU

Kamis, 03 Januari 2013

UAV WULUNG : Pesawat Pengintai TNI Karya Anak Bangsa

Pesawat UAV Wulung
Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Wulung merupakan Pesawat UAV (Unmanned Aero Vehicle) karya anak bangsa hasil pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pesawat ini telah berhasil melakukan uji terbang di pangkalan udara TNI AL Halim Perdanakusumah, Jakarta pada 11 oktober 2012, dan selanjutnya akan diproduksi masal oleh PT Dirgantara Indonesia untuk bergabung dalam Skuadron PUNA yang akan dibentuk pada tahun ini.
PUNA Wulung berfungsi untuk pengintaian dan penginderaan jarak jauh dari udara, hal ini didukung dengan penggunaan kamera pada pesawat yang langsung dapat mengirimkan data dari kondisi di darat dan udara ke stasiun pengamat di darat secara real time.
puna-wulung1.jpg
Pesawat Terbang Tanpa Awak Wulung terbuat dari Bahan komposit (serat kaca, fiber dan karbon) dengan Spesifikasi rentang sayap 6,36 meter, panjang 4.32 meter, tinggi 1.32 meter, serta berat 120 Kg. Untuk tenaga pendorong, pesawat ini memakai mesin 2 tak dengan bahan bakar jenis pertamax. Pesawat mampu terbang selama 4 jam tanpa henti. Jarak tempuh maksimalnya 70 kilometer, dengan kecepatan jelajah 52 - 69 knot, pesawat ini memiliki jarak kendali 73 km dari remote control dengan ketinggian terbang 12 ribu kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar